Kenapa ?

Terkadang saya berfikir, kenapa setiap orang harus punya rahasia kalau akhirnya kita harus dipaksa untuk memberi tau ? Karena saya tau, tiap-tiap kita punya privacy, punya persoalan pribadi yang belum tentu bisa kita bagi dengan seseorang yang dekat dengan kita sekalipun🙂

Saya punya 3 orang sahabat semasa SMA. Kami menamakan diri kami sebagai Induk semang and trio bebeks *haduhhh*

Bebek 1 = seorang ibu cerewet dengan dua anak yang masih balita,

Bebek 2 = seorang ibu dengan seorang putri yang juga masih balita, dan

Bebek 3 = seorang wanita yang masih melajang namun bercita-cita sangat tinggi, she’s so lovely🙂

Nah, kemarin saya kedatangan salah satu dari mereka, si Bebek 1,  si emak2 gaul ti Cicurug City nu MGP ituh.

Tujuan awalnya sih mau beli pepes ikan mas dan peda buatan mama yang sudah bertahun-tahun menjadi kesukaannya, tapi lama-lama kami mulai saling mempertanyakan ke-eksis-an (halah…) Bebek 2 dan Bebek 3 dimana kami sering mengalami miskomunikasi saat ingin tau tentang kabar mereka.

Duh.. hare geneh.. masih ndak bisa dihubungi juga. Mungkin semua pada bilang ,

“mbok ya ditelpon ae.. gitu aja kok repot”

tapi kenyataannya emang repot kok. entah kenapa, Bebek 2 lebih memilih tidak punya hape karena merasa ga akan ada yang menghubungi dia selain suaminya dan dia merasa nggak perlu-perlu banget, soale ndak pernah keluar rumah. Tapi setiap saya atau Bebek 1 nelpon ke rumahnya.. kok ya ndak pernah ada sing ngangkat .. aneh😦

Yar lo tau ga ? kmaren gue ketemu Bebek 2 di baby shop. lagi blanja gitu ama suaminya ama anaknya juga… lo tau ? badannya kurus banget. Lebih kurus dari suaminya. Keliatannya ada tekanan batin deh..

dan saya pun mulai membayangkan sosok sahabat saya itu.. kurus ? duh, terakhir ketemu 6 bulan yang lalu pun dia sudah sebegitu kurusnya.. gimana sekarang ?😐

Kenapa sih dia ngga mau crita ma kita ? kita kan temennya. daripada dia empet sendiri. malah jadi borok. membusuk di dalem hati… jadi orang kok tertutup banget…

saya hanya bisa menarik nafas berat (lebih tepatnya melenguh, persis sapi, hehehe) .

Coba kalo dia omongin sama kita, kan dia bisa lega. Mungkin kita juga bisa bantu. Setidaknya kan kita dah kenal dia selama 12 taun ini..

hem…😐

Dia mah sama aja sama Bebek 3.. penuh misteri.. senengnya maen rahasia-rahasiaan… kaya nggak nganggep kita aja. Elo ma gue kan juga temennya. Kenapa harus pake rahasia2 segala ? Kok gue ma elo bisa saling terbuka ? kenapa mereka engga ? Ih.. mereka mah ga berubah dari jaman SMA !

Yeah.. sometimes saya pun berpikiran begitu.

Saya tau, Bebek 1 bukannya marah. Tapi sayang sama Bebek 2. Dia hanya care. Tidak ingin sesuatu hal terjadi pada bebek 2. Tidak ingin jadi orang yang tidak tahu kondisi sahabatnya sendiri.

12 tahun kami saling mengenal. Kami hafal karakter masing-masing. Si ini suka apa, benci apa, saya hafal. 12 tahun bukan suatu waktu yang singkat. saya pernah mengalami banyak pertengkaran dan clash dengan mereka. Entah itu hanya salah satu, bahkan dengan ketiganya. Saya anggap itu sebagai proses pengenalan diri kami. proses pengenalan pribadi. Buktinya kami tetap bersama sampai saat ini walaupun tetap saja sering diwarnai kesalah pahaman karena miskomunikasi tadi.

Saya sadar, setiap orang punya pribadi. Kita nggak berhak merubahnya. Karena yang bisa bikin dia berubah itu kan dirinya sendiri. Apalagi saya rasa, Bebek 2 sudah menikah, rasa-rasanya kalo dia ga pengen cerita, itu wajar aja. iya kan ?

Tau ngga Ren ? dibalik semuanya itu kadang gue mikir.. kita sebel sama mereka, but we do care about them juga kan ? Itulah kekuatan persahabatan. Kita percaya, apapun rahasia yang mereka punya dan kenapa mereka ga mau berbagi sama kita, gue yakin mereka punya alasan yang kuat. Mungkin gue ma elo bisa saling terbuka karena komunikasi kita lancar. lo juga orangnya terbuka. Tapi kan lo juga ngerti kalo mereka berdua sama-sama introvert. Kita nggak bisa merubah itu. Kalo dipaksa yang akan terjadi kita akan melihat mereka yang palsu. Mereka yang bukan mereka sebenarnya. Mereka yang kita paksakan menjadi orang-orang yang kita mau, tapi bukan maunya mereka.

Lo mau kaya gitu ? Gue sih engga. Biarkan mereka menjadi bebek-bebek yang kita kenal selama ini. Selama mereka bahagia  dengan kehidupannya, kita pun bahagia. Karena lo juga pasti sedih kan kalo mereka sedih ?

Merubah seseorang itu ga semudah membalikkan telapak tangan, inget itu. Karena kita pun belum tentu baik dimata mereka. Pasti ada sifat2 kita yang mereka ga suka. dan SALUTE.. mereka ga pernah berusaha merubah kita seperti yang mereka mau, padahal mereka juga sering ngegerutu kan ?:mrgreen:

So, kenapa kita nggak menghargai mereka juga ? mereka aja bisa, kenapa kita harus repot2 merubah mereka.

Seorang sahabat pernah bilang sama gue, carilah aku dalam diriku, bukan aku dalam bayanganmu ”.

katanya berarti gini, ” kenali dan pahami aku, terima aku apa adanya aku, tapi jangan rubah aku menjadi apa yang kamu mau…

Hm.. Ren… gue beruntung punya temen2 kek elo, Hra dan Lis. Sejelek apapun gue, lo pasti nerima. Kalo lo ga suka, lo pasti ngritik gue. semarah-marahnya elo, lo tetep sayang ma gue. Itu sebabnya gue sayang banget ama elo semua… Seperi seorang induk yang menyayangi bebek-bebeknya…

Induk ?? yaaa.. sayalah si induk semang. Induk semang yang mempunyai tiga anak bebek😆

apa mau dikata.. selalu saja dianggap tetua, padahal bebek 2 lebih tua dari saya

dan malam ini saya akan mengirimkan sms pada mereka bertiga.. bebek-bebekku tersayang,

Sahabat tersenyum saat kita bahagia

Sahabat tertawa saat kita terbahak

Sahabat sedih saat kita perih

Sahabat meringis saat kita menangis

Sahabat tak pernah berlebihan saat menunjukkan rasa sayangnya, tapi dia ternyata berbuat lebih banyak tanpa kita sadari…

I always Love You All…

Tinggalkan Balasan

