Konflik

Apa sih arti sahabat buat kalian ? seseorang yang diharapkan mengenali dan menyayangi kita apa adanya ? yang akan menegur kita bila melakukan sesuatu yang buruk dan mendukung kita saat kita melakukan hal yang baik serta membantu kita bangkit dari keterpurukan ??  kalo iya, berarti pendapat kita sama dong:mrgreen:

intip lagi yuk :kiss:

Tapi pernahkah kalian mengalami konflik dengan sahabat? hahaha, saya sering. Terlalu sering malah. Buat saya konflik itu bumbu persahabatan. Sama halnya dengan rasa “cemburu” pada setiap pasangan kekasih (ngaco yo ? bodo amat ah.. hehe). Konflik menjadikan jalinan persahabatanmu “hidup” . Tapi saya juga ngga mau terus-terusan dikelilingi oleh konflik, gile aje, emangnye ni hidup buat ngurusin konflik doang😆

Saya jadi ingat sama  beberapa cara untuk mengatasi konflik yang sering dialami oleh individu dari buku materi Bimbingan dan Konseling karya Dosen-dosen UPI Bandung…

Beberapa caranya adalah sebagai berikut :

  1. Tetap Percaya. Artinya biar kata kita lagi berantem, tapi kita harus percaya bahwa hubungan persahabatan atau persaudaraan akan tetap berjalan mulus.
  2. Bicara heart to heart (halah, bahasene..) . Artinya bila kita mengalami konflik dengan seseorang, usahakan membicarakannya dari hati ke hati, supaya masing-masing personal tau apa yang diinginkan dan juga menghindari kesalah pahaman yang sering terjadi.
  3. Curhat yang benar. Maksute ? katanya gini, usahakan curhat pada saat2 yang tepat, jangan sampe kita curhat di saat2 seseorang moodnya ga bagus atau sikonnya ga pas, ntar malah jadi boomerang buat kita.
  4. Cari tempat yang enak dan asyik. Untuk menyelesaikan konflik kek gini biasanya butuh suasana yang adem, tenang dan damai. Coba deh cari tempat yang enak, semisal kebun raya, taman, pokoke yang ada tempat duduknya, sejuk dan ga bising deh. Saya pernah mencoba ke kebun raya bogor dan suasananya bikin hati adem :p
  5. Kenang hal-hal lucu yang pernah kita alami bersama dia.
  6. Beri maaf. Hmm.. menurut saya sih harus sama-sama memaafkan ya. Tapi tidak untuk mengulang kembali kesalahan2 yang pernah terjadi.
  7. Introspeksi. nah ini yang paling penting. hal yang sebenernya mudah, tapi kadang, karena ego dari masing-masing individu, biasanya akan diabaikan. Kadang kita merasa benar dan dia salah. Padahal kan belum tentu ya ?:mrgreen:
  8. Jalin komunikasi. Jangan sampe ada miskomunikasi, supaya kita saling ngerti keinginan masing-masing.

Hahaha, yang namanya berantem atau beda pendapat atau adanya konflik adalah sesuatu hal yang wajar yang penting adalah gimana caranya supaya kita bisa menyelesaikannya dengan baik :p

Bagaimana dengan saya pribadi ? :mrgreen:

terus terang sampai saat ini saya juga masih belajar memenej emosi dan juga berintrospeksi diri. Saya bukanlah manusia sempurna yang bisa dengan mudah mengaku salah ataupun dengan entengnya memaafkan kesalahan orang lain.

Ya, saya pun masih belajar… bukan untuk sebuah kesempurnaan. Bukan untuk menjadi seseorang yang diinginkan oleh orang lain, karena saya bukanlah bayangan mereka. Saya harus belajar menjadi manusia yang lebih baik lagi, belajar menerima kritik dari orang lain dan berusaha membuat kritik tersebut sebagai stimulus untuk memacu saya untuk belajar (mumet ga lo bacanya, hahaha)

Apapun itu, sebesar apapun konflik yang mungkin kalian alami, belajarlah untuk menyelesaikannya. Bila memang dirasa sulit dan akhirnya berbelit-belit, maka mulailah untuk mengenali diri sendiri dulu, karena mungkin saja kesalahan ada pada diri kita sendiri.

*semoga yang baca ga pingsan karena postingannya berbobot sok iye*😆

Dedicated to : semua sahabat2ku.. i love you all.. through all the conflict we’ve been passed🙂

Long Live Persohiblogan , Viva Persahabatan🙂

Tinggalkan Balasan

